Hanya Cinta Yang Bisa…

Salah satu butir hikmah saya temukan nun jauh di negeri orang. Ditengah tumpukan file data donor mata yang harus saya ubah menjadi bentuk digital. Siapa yang menyangka, sesuatu yang luar biasa akan muncul dari tumpukan kertas dalam map coklat tersebut….

Seperti biasa, seminggu 2 kali saya melakukan pekerjaan sukarela saya di Rocky Mountain Lions Eye Bank. Kali ini tugas saya adalah merubah data donor dari bentuk kertas menjadi bentuk digital. Mengikuti peraturan federal pemerintah Amerika Serikat. Kami harus menyimpan data donor tersebut untuk waktu yang sangat lama, sehingga bentuk fisik kertas menimbulkan resiko bahwa catatan data donor tersebut akan lapuk terkena cuaca.

Ada ribuan lembar yang harus kami scan, beri identitas dan kemudian disimpan dalan bentuk CD dan microfilm. Pekerjaan yang memakan waktu dan terkadang menguji kesabaran. Saya dan seorang volunteer lain yang bertugas untuk mengerjakan hal ini. Dalam 3 bulan, sekitar 7000 data harus selesai pengerjaannya.

Suatu pagi, diantara mesin scan dan tumpukan data, mata saya tertumbuk pada satu file. Tidak ada yang istimewa, hanya sekumpulan kertas dengan map coklat. Yang membuatnya berbeda adalah karena ada gambar hati yang ditempelkan di lembar depan map tersebut. Kami terbiasa melakukan itu untuk donor dengan kasus – kasus khusus. Donor – donor yang istimewa…

Saya buka lembar pertama…Name : Kimberly Anne….dst…Age : 5 Years Old. Hati saya langsung berdegup keras. Ini donor anak – anak…suatu hal yang sangat jarang kami temui. Di kolom “Next Of Kin “, tertulis nama ayah dan ibunya. Untuk donor anak – anak, dibutuhkan persetujuan dari kedua orang tua agar anak tersebut dapat menjadi donor. Mata saya terus menelusuri data si kecil Kimberly…di kolom yang menjelaskan bagian tubuh apa saya yang didonorkan, terbaca dengan jelas…jantung, hati, ginjal, pankreasl…..Ya Allah, si kecil ini mendonorkan organ tubuhnya yang lain.

Karena usianya yang masih sangat muda, saya berfikir..sakit apakah gerangan si kecil ini ? Dan jantung saya terasa berhenti pada saat saya membaca kolom COD…Cause Of Death : Accidental Strangulation. Dari deskripsi selanjutnya saya mengetahui…ternyata si kecil Kimberly tak sengaja terlilit seprai tempat tidurnya ketika sedang bersenda gurau dengan adik dan kakaknya. Sungguh tragis..

Pikiran saya melayang pada kedua orang tua Kimberly….tak terbayangkan betapa hancur hati mereka berdua. Betapa duka ini teramat sangat dalam bagi mereka. Kehilangan buah hati dengan cara yang sungguh tragis…malah dapat dikatakan sia – sia…
Bagaimana mereka sebagai orang tua dapat melewati hal ini…membayangkanpun saya tak berani..

Saya menggenggam file itu, ketika saya menyadari…ada cinta yang besar hadir dilembaran – lembaran kertas ini. Butiran hikmah yang luar biasa…Betapa ketawakalan yang hakiki telah diperlihatkan pada saya. Bahwa fitrah manusia untuk selalu menuju kebaikan menembus batas ras, ruang, waktu dan tempat.

Kehilangan anak merupakan cobaan yang sungguh luar biasa. Tetapi lebih luar biasa lagi adalah kesabaran yang ditunjukkan oleh orang tua Kimberly…merelakan mata, jantung, ginjal, hati dan pankreas sang buah hati untuk didonorkan…agar terus hidup walaupun di dalam badan anak lain. Dengan penuh cinta masih memikirkan nasib anak – anak lain yang mungkin hidupnya bisa diselamatkan oleh donor organ dari putri kecilnya…..

Keputusan untuk mendonorkan organ adalah keputusan yang harus dibuat dengan cepat, karena ada batas waktu dimana pengambilan organ tubuh yang akan didonorkan tersebut bisa untuk dilakukan. Dalam pusaran kedukaan yang begitu besar, orang tua Kimberly dapat menemukan suatu tempat yang teduh, dengan cepat kembali kepada fitrah kebaikan sebagai manusia. Memberikan cinta yang begitu besar, pada saat kehidupan telah direnggut dari pangkuan….disaat kedukaan yang teramat dalam.

Sepulang dari kantor saya merenung…kita semua pernah mengalami kehilangan, patah hati, kedukaan, kesedihan…apapun itu namanya…hal itu merupakan suatu keniscayaan dalam hidup bahwa ada sedih dan gembira. Bagaimana kita menyikapi kesedihan itulah yang akan membuat perbedaan dalam hidup ini…

Sejak saat itu…ketika hanya karena pengaturan Allah SWT file Kimberly Anne sampai ke tangan saya…ada satu hal yang akan selalu terpatri dalam benak ini. Kedukaan dan kesedihan akan datang dan pergi…mungkin dalam perjalanan kehidupan yang diberikan oleh Allah SWT akan ada pusaran – pusaran duka dan badai – badai kesedihan. Tetapi…saya akan selalu mengingat untuk selalu mengambil yang terbaik, mengumpulkan yang berserak, menyelamatkan yang telah terhancurkan dan mengubah keadaan yang buruk menjadi lebih baik karenanya…
Hari itu, saya belajar tentang cinta dan hanya cinta yang bisa membuat hal yang luar biasa ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *