Sadar, Ingin, Senang, Gemar, Mampu….

Doa untuk rekan – rekan dan sahabat yang terkena musibah banjir pagi ini. Semoga Allah beri kesabaran dalam menghadapi musibah dan beri kemudahan untuk menanggulanginya. Keluarga mendapat perlindungan dan dihindarkan dari marabahaya yang lebih besar. Aamiin.

Peduli pada sesama adalah fitrah yang sebenarnya ada dalam diri setiap manusia. Anjuran bersedekah dan keutamaannya adalah perintah Allah yang mengandung banyak hikmah. Berbagi mempererat persaudaraan, memelihara kepedulian, mendidik diri senantiasa bersyukur dan yang paling penting adalah berbagi adalah wujud syukur pada Allah SWT atas segala yang diberikan. Dalam saat lapang maupun saat sempit.

Kesadaran untuk berbagi mendorong keinginan untuk berbagi. Sadar bahwa Allah titipkan harta dengan amanah bahwa ada hak orang lain didalamnya. Bahwa sejatinya harta yang disedekahkan, dihidmatkan untuk berbagi, adalah harta yang akan kekal sampai di akhirat nanti. Maka keinginan untuk berbagi, muncul bukan dari paksaan, tapi dari kesadaran.

Setelah dilakukan, berbagi itu bikin senang. Ya, riset membuktikan bahwa perbuatan baik itu menurunkan tingkat stress, meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh. Dan apabila sesuatu itu menyenangkan, maka mengulangi perbuatan yang menyenangkan itu akan menjadi mudah. Naik kelas dari sekedar senang, menjadi gemar berbagi. Rasanya ada yang kurang apabila belum berbagi. Kegemaran untuk berbagi sudah dari bagian hidup, bagian keseharian.

Kegemaran untuk berbagi ini akan lebih besar lagi efeknya apabila diiringi dengan mampu berbagi. Artinya, konsistensi berbagi juga akan lebih baik lagi apabila ditunjang dengan adanya kemampuan finansial untuk berbagi.

Berbagi kemudian jadi salah satu tujuan hidup, yang kemudian diterjemahkan dalam tujuan finansial. Lebih diperjelas lagi dengan membuat pos keuangan khusus untuk berbagi, berupaya secara sadar untuk mengatur keuangan agar kegiatan berbagi tetap bisa istiqomah dijalankan dan mengatur kebutuhan diri sendiri secara bijak sehingga dapat merasa cukup dan kemudian bisa berbagi dengan leluasa dan berkesinambungan.

Dari sadar, ingin, senang, gemar dan akhirnya mampu berbagi secara penuh komitmen dan menjadikannya sebagai salah satu tujuan keuangan kita, disitulah pengelolaan dan perencanaan keuangan menjadi bagian yang penting untuk mewujudkannya. Mengatur keuangan membuat kita punya kebebasan, keleluasaan untuk berbagi. Karena sadar, karena ingin, karena senang, karena gemar, karena mampu !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *