Belanja Cerdas ( MivoTV Hotspot Show 28 Januari 2013 )

Belanja Cerdas. Mungkinkah ? Bagaimana caranya ? Belanja itu yang benar bagaimana, sih ? Apakah sama dengan menahan belanja atau jadi ngiriiiit banget ? BAgaimana belanja yang cerdas itu di tengah kebutuhan dan keinginan yang sering tumpang tindih. Bagaimana menyikapi diskon, penawaran kredit dan lain sebagainya ? Yuk kita bahas !

Belanja. Dalam kehidupan sehari – hari tidak lepas dari kegiatan yang satu ini. Kita berbelanja barang dan jasa, untuk memenuhi kebutuhan, memuaskan keinginan, atau sampai level yang extravaganza. Belanja bisa diartikan sempit sebagai aktifitas sebagai shopping dan lain sebagainya, atau bisa diartikan luas. Dari mulai belanja kebutuhan sehari – hari, sampai belanja untuk pendidikan, belanja rumah, belanja kendaraan dan sebagainya. Intinya tetap sama, apapun belanjanya, kita lakukan dengan cerdas !

Apa sih belanja cerdas itu ? Ada beberapa ciri – cirinya :

#1. Belanja sesuai kebutuhan
#2. Belanja sesuai kemampuan
#3. Belanja dengan informasi / tidak asal – asalan
#4. Belanja tidak tergesa – gesa
#5. Belanja yang menghasilkan penghematan / hasil yang optimal
#6. Belanja yang menghasilkan manfaat, baik finansial maupun non-finansial

Tips praktis belanja cerdas adakah ? Contoh praktis supaya bisa belanja cerdas :

Contoh Praktis Belanja Cerdas #1 : Biasakan tanya diri sendiri “ Ini ingin, atau perlu ?” dan “masih ada gak yang lebih perlu lagi ?” atau “Ada tidak pengeluaran yang sama yang bisa lebih bermanfaat ?  Ini bisa terjadi kalau punya prioritas dlm keuangannya, punya tujuan dalam keuangannya.

Contoh Praktis Belanja Cerdas #2 : Banyak keinginan ? Jangan tergesa – gesa. Tulis semua keinginan di secarik kertas. Lalu simpan 1 hari. Besoknya lihat lagi, coret yang dirasa tidak perlu. Simpan lagi. Besoknya lihat lagi. Coret yang tidak perlu. Di hari ke-3 insya Allah keinginan yang banyak itu sudah menjadi hanya 1 – 2 kebutuhan saja.

Contoh Praktis Belanja Cerdas #3 : Suka diskon ? Bagus ! Kombinasikan dengan belanja tidak tergesa – gesa. Cari penawaran yang paling menguntungkan. Maka besar kemungkinan anda bisa dapatkan barang / jasa yang dibutuhkan dengan lebih ekonomis.

Belanja cerdas adalah pilihan. Saat bisa memilih dan memilah prioritas, tidak tergesa – gesa, berpikir manfaat dan bukan hanya prestise dan gengsi. Dengan praktekkan belanja cerdas, keuangan pun lebih aman.

Note : Bahasan di acara HotSpot MivoTV, tanggal 28 Januari 2013
Kerjasama MivoTV, Dompet Dhuafa dan @Fabfebi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *