Persiapan Keuangan Pensiun Sederhana

Karena janji saya bahwa pembahasan tentang pensiun ini akan ringan – ringan saja, maka selanjutnya kita akan bahas bagaimana persiapan keuangan untuk pensiun yang  paling simpel…

Pada kenyataannya, yang sering saya temui, banyak calon pensiunan tidak siap secara finansial bahkan untuk hal – hal yang sangat mendasar. Apa lagi kalau sudah dibahas tentang dana pensiun dengan asumsi inflasi dan jumlah yang diperlukan untuk hidup layak di masa pensiun. Makin banyak yang tidak siap…

Maka sebelum kita bicara hal yang lebih rumit, ada 5 hal yang bisa dipersiapkan secara sederhana menjelang pensiun :

1. Cashflow saat ini tidak minus. Kalau minus, maka perbaiki, lakukan perbaikan2, realokasi, penghapusan yang tidak perlu.

2. Melunasi hutang. Untuk yang pensiun penuh, dan tidak akan lagi bekerja, penghapusan hutang adalah wajib. Upayakan di akhir masa kerja, hutang2 besar seperti KPR, KBM sudah lunas. Hutang – hutang kecil jangan diabaikan. Terutama lunasi hutang kartu kredit.

3. Punya dana cadangan

Walaupun misalnya ada uang pensiun, jamsostek, pencairan investasi, dll. Uang cadangan diperlukan untuk keadaan darurat dan juga untuk antisipasi tenggang waktu proses administrasi sampai hak pensiun benar2 keluar.

4. Anak2 masih sekolah ? Tingkatkan prioritas utk dana pendidikan anak

Memastikan bahwa dana bagi pendidikan anak tersedia saat pensiun dan anak – anak masih sekolah. Hindari pengeluaran jelang pensiun yang mengalihkan dari prioritas yang penting bagi keluarga. Definisikan dengan baik apa prioritas keluarga.

5. Menambah penghasilan

Karena besarnya uang pensiun sering jauh lebih kecil dari gaji yang biasa diterima, maka menambah penghasilan merupakan salah satu rencana keuangan yang perlu dilakukan. Hal ini untuk suplemen penghasilan setelah pensiun.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *