Sudah Siap2 ? Ramadhan Sudah Dekat !

Ramadhan sebentar lagi. Sudah siap2 kah ? Untuk urusan ibadah, mangga follow para ustadz yang bisa memberikan pencerahan, hal – hal apa saja yang bisa dipersiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan. Pointnya adalah agar Ramadhan bisa kita lalui dengan ilmu yang memadai, sehingga kegiatan yang dilakukan pun bisa mengoptimalkan bulan Ramadhan tersebut.

Nah, kalau bagian saya sih, karena saya emak2 financial advisor, maka saya akan lebih banyak “cerewet”  tentang bagaimana keuangan kita harus diatur dalam menghadapi Ramadhan dan Idul fitri. Mengapa ? Karena terus terang saya selama bertahun – tahun selalu dengar kalimat – kalimat seperti ini : “Aduh, Ramadhan sebentar lagi. Harga – harga makin naik aja, deh ! Makin pusing nih ibu2 ngatur uangnya !” atau “Musti siap – siap nih untuk Idul Fitri ( padahal Ramadhannya saja belum….)  pasti banyak pengeluaran nih, belum mudik, belum pas liburan anak !” atau “Duh, suka pusing deh kalau abis Idul Fitri itu, pasti aja tabungan keambil deh untuk Lebaranan !”

Bertahun – tahun dengar yang seperti ini, terus terang saya capek juga 🙂 Masa sih kita sebagai manusia itu gak bisa jadi  lebih cerdas dalam menyikapi hal ini ? Dan yang paling mengganggu adalah, Ramadhan dan Idul fitri sering sekali dijadikan kambing hitam kacaunya keuangan kita. Padahal yang kacau itu siapa ? KITA !  Kita yang kurang mampu untuk menyikapi keuangan kita, sehingga pada saat Ramadhan dan Idul Fitri yang mungkin saja ada pengeluaran yang lebih besar, kita menemukan sasaran empuk yang bisa disalahkan atas kesalahan kita.

Kadang saya berpikir, kalau Ramadhan dan Idul Fitrinya lebih “konsentrasi” pada segala kepusingan dalam keuangan, bagaimana kah kualitas Ramadhan dan Idul fitri kita selama ini ? Akankah kegembiraan itu tetap penuh, akankah kekhusyukan kita tetap terjaga, akankah Ramadhan itu merupakan bulan perbaikan dan Idul Fitri merupakan hari kemenangan ? Atau Ramadhan dan Idul Fitri itu identik hanya dengan kepusingan finansial yang sangat remeh temeh, yang muaranya adalah ketidakmampuan kita mengurus keuangan. Sungguh sayang….

Maka karena Ramadhan sudah dekat, dan kita ingin supaya tidak lagi menjadikan Ramadhan dan Idul Fitri sebagai kambing hitam dari keteledoran kita mengatur keuangan, perlu dilakukan sesuatu terhadap keuangan kita. Mulainya dari mana ? Beberapa yang bisa dilakukan :

1. Ubek2 blog ini dan baca artikel tentang cashflow. Latih dari sekarang anggaran tidak kedodoran dan tidak defisit. Lihat lagi alokasi pengeluaran, mulai cadangkan untuk Ramadhan dan Idul Fitri .

2. Ikut kelas online GRATIS : Perencanaan Keuangan Islami Untuk Keluarga

3. Ikut kelas online BERBAYAR : Pengelolaan Keuangan Islami Untuk Keluarga – Basic dan Pengelolaan Keuangan Islami Untuk Keluarga – Intermediate 

Ramadhan sudah dekat ! Mari siap2 !

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *