Konsep Titipan : Harta Ini Bukan Milik Saya…

Masalah mengatur uang bukan hanya masalah mengatur angka. Saya dan anda paham hal ini. Berapa banyak orang yang dari jumlah uang dan harta sangat memadai bahkan fantastis, tapi kehidupan keuangannya tetap rusuh. Tidak sedikit juga orang yang secara ekonomi sangat sederhana, tapi semua keperluannya seperti terpenuhi di saat yang tepat. Ada orang yang pandai bersyukur, ada juga yang selalu mengeluh. Maka ketika harta itu digenggam erat dan diakui sebagai milik kita yang mutlak, maka sebenarnya kita  sedang melupakan adanya kekuatan yang jauh lebih besar dalam urusan uang ini, yaitu Allah SWT.

Lelah dan kepayahan  dalam bekerja adalah hal yang wajar. Memang dunia ini adalah tempat dimana berpayah – payah dalam urusan mencari nafkah. Seringnya, karena kepayahan dan kesulitan dalam mencari rejeki, maka dijadikan alasan dan pembenaran bahwa segala sesuatu yang diperoleh adalah karena jerih payah dan kerja keras kita. Tidak ada kontribusi lain selain diri kita. Karena itu, kita menganggap apapun hasil dari jerih payah itu adalah hak kita, milik kita, dan boleh dipergunakan untuk apa saja keinginan hati kita.

Sungguh sangat berat bagi orang yang belum menyadarim untuk paham bahwa apapun yang ada pada dirinya pada hakikatnya adalah pemberian Allah SWT. Kemampuannya untuk berusaha, bekerja, dan berkarya pun adalah pemberian Allah. Kepayahannya dalam bekerja juga sebenarnya adalah hadiah dari Allah, karena pahala dari Allah adalah sebanding dengan kepayahan itu. Maka untuk merubah mindset dari “harta ini adalah milik saya” menjadi “harta ini bukan milik saya, harta ini titipan Allah” bukanlah hal yang mudah.

Perubahan dari ” harta milik saya” menjadi “harta ini bukan milik saya, harta ini titipan Allah” adalah suatu langkah raksasa yang akan mengubah kehidupan seseorang dari hal yang sempit, hanya dirinya dan dunia saja…menjadi hal yang luas : dirinya, Allah, dunia dan akhirat. Maka, mana yang akan kita pilih ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *