Ketika Terserak….

Saat perpisahan atau meninggalnya pasangan terjadi, selain ada peristiwa besar dalam hidup, peristiwa besar juga sering terjadi dalam keuangan. Ingat uraian kita yang lalu bahwa keadaan emosi dan psikologis seseorang mempengaruhi keputusan – keputusan keuangan yang dibuat. Oleh karena itu, pada saat keadaan psikologis yang terpukul karena perceraian atau meninggalnya pasangan,diperlukan pertimbangan rasional agar dapat…

Continue Reading

Gak Cocok…

Alasan “gak cocok” sering jadi alasan yang general untuk menggambarkan tidak klopnya suami dan istri dalam menyikapi keuangan dalam keluarga. Come on, siapa sih pasangan yang cocok 100 persen ? Kalau kata suami saya, sih…kalau mau cocok banget, ya kawin aja sama diri sendiri…heheheh…alias sendirian aja….karena kalau dengan pasangan, salah satu hal yang pasti adalah…

Continue Reading

Hati Ke Hati, Dompet Ke Dompet…

Membicarakan uang dengan pasangan, nomor satu adalah merasa saling nyaman untuk membicarakannya. Nyaman dalam arti yang senyaman – nyamannya. Seperti perasaan nyaman saat anda saling berpelukan, seperti perasaan nyaman saat anda bermesraan dengan suami atau istri. Ya, perasaan senyaman itu yang harus dicapai. Bagaimana pembicaraan tentang keuangan selama ini dilakukan ? Kalau ada masalah saja…

Continue Reading

Menikah, Lho Kok Begini ?

Salah satu hal yang menjadi cobaan pertama dalam pernikahan adalah adanya perbedaan antara bayangan ideal dan kenyataan. Saat sudah menikah, apalagi suami istri yang tidak tinggal berjauhan atau LDR, maka 24 jam sehari semalam itulah saat interaksi. Mungkin terpisah sekian jam saat salah satu atau dua – duanya bekerja, akan tetapi itulah interaksi paling intens…

Continue Reading

Jangan Bikin Bingung…

Sepertinya semua orangtua yang ada di sini bisa sepakat bahwa anak itu pengamat yang baik. Segala tindak tanduk orang tua terekam dengan baik. Kadang mungkin terlihat seperti tidak tahu, tapi sebenarnya dia paham. Jadi seperti yang sering saya katakan di banyak kesempatan, punya anak berarti punya kamera yang on 24 jam, 7 hari dalam seminggu….

Continue Reading

Ingatkan Karena Sayang….

Kalau mau jujur, motivasi untuk bicara keuangan dengan calon pasangan apa sih ? Kebanyakan hanya untuk tujuan – tujuan praktis saja. Dan jangan salah paham, ya. Tujuan praktis itu penting, tapi jangan dilupakan juga ada tujuan yang lebih filosofis dalam membicarakan tentang uang dengan calon pasangan. “Filosofis ? Haduh, berat amat bahasannya, Teh !?!”. Ehm…ini…

Continue Reading

Bukan Kira – Kira…

Minggu ini di twitter saya banyak berkicau tentang cashflow atau arus kas. Hal dasar dalam perencanaan keuangan. Mengetahui uang masuk dan keluar  adalah informasi yang sangat penting. Dan banyak sekali hal yang bisa diketahui dari catatan arus kas mengenai keadaan keuangan kita, pola, kebiasaan dan preferensi kita dalam mengeluarkan uang. Juga kita bisa paham dari…

Continue Reading

Sekian Milyar…Sekian Milyar…

Pastinya, bagi yang sudah pernah mengikuti seminar atau training atau bahkan tulisan tentang perencanaan keuangan, akan familiar dengan perhitungan – perhitungan perkiraan kebutuhan dana di masa depan. Banyak yang curhat : ” Teteeeh…aku liat angka sampe milyar utk kebutuhan sekolah anak di universitas ngeriiiii !!! ”  Atau dengan paniknya bilang : ” Duh, untuk hidup…

Continue Reading

“Mengalahkan” Matahari ( Re-Post )

Tulisan ini saya tulis tanggal 28 Juni 2010. Pertama diposting di akun socmed Facebook saya. Constant reminder akan nikmatnya bangun pagi dan “mengalahkan” hari setelah “mengalahkan” matahari. Hidup memang untuk bergerak, bergiat, berbuat, bermanfaat. Dan dalam masa – masa yang suram, kadang hikmah berharga  terpatri lekat.  Saya ulang postingan tulisan ini . Enjoy ! Selamat…

Continue Reading

Belajar Dari Pasangan…

Salah satu fungsi socmed adalah kita bisa berinteraksi dengan banyak orang. Selebiritis, tokoh terkenal, motivator, sosialita, tokoh agama, akun anonim, akun komunitas sampai akun anak muda alay yang mungkin paling sering bikin kita terkekeh – kekeh atau akun galau yang bikin kita senyum – senyum simpul ( mungkin karena mengenang kegalauan kita sendiri di masa…

Continue Reading