Emergency Kit Keuangan…

Dari bahasan yang keuangan #singleparent dan #singlekembali, kita sudah membahas hal – hal mendasar tentang apa yang harus dilakukan setelah perceraian atau meninggalnya pasangan terjadi.

Kita pun sama memahami bahwa bagi #pasutri selalu ada resiko untuk kehilangan pasangan, baik saat terjadi perceraian maupun saat meninggalnya suami / istri. Kita tidak pernah berharap bahwa hal – hal buruk akan terjadi dalam keluarga kita, akan tetapi sama halnya dengan mempersiapkan kotak P3K di dalam rumah, maka mempersiapkan emergency kit untuk menghadapi situasi keuangan karena kehilangan pasangan pun sepertinya bukan hal yang terlalu berlebihan.

Menyiapkan emergency kit dalam hal keuangan dalam keluarga juga merupakan bagian dari pengelolaan dan perencanaan keuangan. Jadi merupakan hal yang normal – normal saja. Bukan dilakukan karena perasaan takut, tapi justru karena sangat menyadari bahwa inilah hidup dengan segala macam perubahan yang merupakan keniscayaan.

Diantara ┬áhal – hal yang perlu disiapkan dalam emergency kit keuangan untuk keluarga adalah :

#1. Keyakinanan dan ketaqwaan pada Allah SWT

Menyadari bahwa bukan kita yang menjadi pengendali kehidupan, akan tetapi Allah SWT yang mengendalikan hidup kita. Apapun yang ditetapkanNya, kita terima dengan ikhlas. Kesadaran ini akan meningkatkan kemampuan kita untuk menghadapi keadaan yang tidak diinginkan ( adversity quotient ). Hal ini sangat esensial pada saat menghadapi peristiwa luarbiasa seperti perceraian dan meninggalnya pasangan

#2. Mempersiapkan untuk keadaan darurat

Punya dana darurat, kontak – kontak dalam keadaan darurat, menginformasikan pada anak – anak dan pasangan apa yang harus dilakukan pada saat keadaan darurat. Hal ini berkaitan erat apabila ada kematian atau musibah dalam keluarga

#3. Gaya hidup sederhana

Gaya hidup sederhana merupakan suatu kemampuan yang akan sangat membantu dalam keadaa darurat, atau dalam keadaan adanya perubahan drastis dalam situasi keuangan karena perceraian atau meninggalnya pasangan. Kesederhanaan juga merupakan yang dianjurkan dalam tuntunan agama. Banyak hikmah dari kesederhanaan yang juga bisa dinikmati dalam keadaan lapang dan baik – baik saja.

#4. Terlibat dalam urusan keuangan

Sering ditemui pada saat suami / istri meninggal, pasangan yang ditinggalkan tidak paham mengenai keuangan keluarga atau urusan keuangan yang ditinggalkan oleh almarhum / almarhumah. Keterbukaan , keterlibatan dalam hal keuangan antara #pasutri adalah salah satu hal penting dan berguna saat terjadi musibah dalam keluarga.

Diatas tadi beberapa hal yang perlu disiapkan dalam emergency kit keuangan keluarga. Selengkapnya tentang emergency kita keuangan ada di kelas online :Financial Survival For Woman. Untuk pertanyaan, sila mention saya via twitter di @Fabfebi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *