Harga Emas ( Tidak Selalu ) Naik….

Menurut hemat saya, salah satu hal yang harus lebih banyak dijelaskan tentang emas adalah bahwa harga emas tidak selalu naik. hal ini yang perlu dipahami bagi yang ingin menjadi kan emas sebagai salah satu alat lindung nilai ataupun menjadikan emas sebagai salah satu cara untuk berinvestasi. Dengan pemahaman yang baik tentang harga emas, maka terhindar dari ilusi bahwa harga emas selalu naik, yang pada kenyataannya memang tidak.

 

Saya akan memperlihatkan 3 grafik harga emas, yaitu harga emas 30 tahun, 5 tahun dan 1 tahun :

1. Grafik harga emas 30 tahun terakhir  ( sumber : goldprice.org )

Grafik harga emas 30 tahun merupakan “helicopter view” terhadap harga emas. Kita bisa melihat kecenderungan kenaikan harga emas yang luar biasa pasca thn 2008. Sebelum itu, harga emas ya cenderung stabil saja, bahkan di periode sekitar thn 2000, mengalami penurunan.

2. Grafik harga emas 5 tahun ( sumber : goldprice.org )

Pada grafik harga emas 5 tahun ini, dapat lebih terlihat bahwa harga emas sejatinya mengalami naik turun. Bahkan di tahun 2013, penurunan yang dialami cukup tajam apabila dibandingkan dengan tahun – tahun sebelumnya. Hal ini yang pelu untuk dipahami oleh investor emas, bahwa asumsi harga emas akan selalu naik itu kurang tepat. Bagi investor yang suah membeli emas 10 tahun yang lalu, mungkin sudah menikmati kenaikan nilai emas yang luar biasa. Akan tetapi, bagi yang membeli emas 2 tahun lalu, 1 tahun lalu, saat ini mungkin sedang mengalami potensi kerugian karena turunnya harga emas dibanding saat membelinya dulu

3. Grafik harga emas 1 tahun ( sumber : goldprice.org )

Inilah volatilitas harga emas yang terjadi dalam 1 tahun. Dengan jangka waktu yang lebih pendek, naik turunnya harga emas akan lebih terlihat. Hal ini mudah – mudahan bisa memberikan pandangan yang lebih sehat tentang emas dan pergerakan harga emas. Penurunan harga emas yang cukup tajam terlihat tanda – tandanya mulai bulan Maret 2013.

 

Saya tidak bermaksud untuk mengemukakan hal ini untuk menakut – nakuti. Justru sebaliknya, dengan pengetahuan yang tepat dan perspektif yang sehat, kita bisa melihat dengan lebih jernih tentang emas sebagai salah satu pilihan berinvestasi. 3 hal yang saya ingin sampaikan dari 3 grafik yang saya sampaikan diatas adalah :

1. Harga emas tidak selalu naik

2. Selalu ada fluktuasi harga dalam jangka pendek

Dalam jangka pendek, pergerakan harga selalu ada pada harga emas. Dengan memahami hal ini, maka investasi pada emas akan dapat dilakukan dengan pengertian  yang lebih baik.

3. Harga emas bergantung pada harga emas dunia

Emas diperdagangkan secara internasional di London Metal Exchange. Setiap hari, LME mengeluarkan official price yang merupakan harga rujukan bagi harga emas dunia. Hal ini juga menjadi harga rujukan harga emas di Indonesia.

Berikut ini saya berikan data performance emas dalam beberapa tahun terakhir :

Data ini diambil per 22 April 2013, terlihat bahwa dalam 5 tahun terakhir kenaikan emas 54 %, sedangkan pada jangka waktu yang lebih pendek, seperti 1 tahun, 6 bulan dan 30 hari terakhir, emas justru mengalami penurunan.

Pahami dengan baik setiap instrumen investasi dan pahami karakteristiknya. Dengan demikian investasi dapat dilakukan dengan lebih baik dan lebih optimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *